√ [RACUN WARUNG] 5 RAHASIA WARUNG TERNAMA SUKSES MANAGEMENT RACUN

rahasia warung ternama sukses, warung, warung ternama di indonesia sukses, management racun, racun warung

[RACUN WARUNG] 5 RAHASIA WARUNG TERNAMA SUKSES MANAGEMENT RACUN

Lama tidak menulis tentang usaha dan bisnis. Rindu rasanya ingin berbagi dan membongkar rahasia warung ternama  yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, kali ini saya persembahkan 5 rahasia warung ternama sukses management racun.

Tiap perusahaan ataupun usaha pasti mengharapkan keuntungan menuju kesuksesan yang diimpikan. Apapun usaha itu. Mulai dari usaha sol sepatu hingga usaha properti. Mulai dari usaha dalam negri hingga usaha lingkup luar negri. Semua pasti punya rahasianya masing-masing. Tak bisa dipungkiri lagi.

Aneka macam ragam usaha memiliki management masing-masing. Ada yang sukses, ada pula yang gagal. Dari yang gagal akan mengevaluasi dan memperbaiki sistem managementnya. Oleh karena itu, saya berbagi rahasia yang di dapat dari pengamatan sehari-hari.

Tujuan Membuka Usaha Warung

Warung adalah usaha merakyat. Usaha warung adalah suatu usaha kecil yang umumnya dikelola sendiri atau bahkan dengan keluarga, meskipun tidak menutup kemungkinan mengangkat karyawan dalam jumlah sedikit.

Usaha warung memiliki tujuan dan acuan yang mendasar, yakni:

  1. Mendirikan warung bertujuan untuk meningkatkan mutu hidup keluarga
  2. Mendapatkan keuntungan tiap transaksinya
  3. Melatih mental jiwa enterprener
  4. Menguji kemampuan dagang dan marketing yang dimiliki

Itulah contoh kecil dari suatu tujuan mendirikan usaha warung. Meskipun tiap orang memiliki dasar tujuan yang berbeda. Namun, dapat dipastikan bahwa point terpenting dalam mebuka usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Warung

Mendirikan usaha warung memiliki keuntungan dan juga kelemahan. Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

  1. Modal relatif kecil
  2. Mudah pengelolaannya
  3. Bisa dikerjakan sendiri atau bersama keluarga
  4. Mendapat keuntungan atas transaksi
  5. Management tidak terlalu rumit

Adapun yang menjadi kekurangan atau pun kelemahan usaha warung adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya SOP (Standar Operasional Prosedur) tidak terkontrol dengan baik
  2. Seringkali management keuangannya masih bercampur antara uang atau modal usaha dengan uang atau harta pribadi yang mengakibatkan kerancuan dalam keuangan, bahkan kelihatan untung padahal rugi. Ini sering terjadi di usaha warung kecil bahkan warung berkelas pun juga bisa terjangkit dengan hal ini

5 Rahasia Warung Ternama Sukses Management Racun

Setelah kita mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan usaha warung, maka perlu kita perhatikan SOP yang menjadi acuan aktivitas usaha. Mengapa SOP yang menjadi sorotan utama? Jelas, karena SOP menjadi dasar pijakan untuk setiap aktivitas operasional suatu usaha apapun. Oleh sebab itu, saya akan berbagi management dengan konsep RACUN. 

Racun di sini bukanlah racun yang terbuat dari bahan kimia atau bahan alam yang sifatnya merusak bahkan mematikan. Akan tetapi racun yang saya maksud adalah sebuah pola management untuk menjalankan usaha bisnis warung. Dan bisa juga diterapkan pada semua aspek usaha apapun.

RACUN berasal dari singkatan kata-kata di bawah ini:

Pola Management RACUN

: Rencana

A : Aturan

C : Coba

U : Usaha

N : Nikmati

Rencana – 1

Sebuah usaha wajib memiliki rencana yang matang. Apalagi bagi Anda yang hendak memulai bisnis. Usaha tanpa perencanaan akan kalang kabut. Dan seringkali permasalahan yang sering timbul bagi pengusaha pemula adalah kehabisan modal di tengah-tengah perjalan usaha. Ini adalah bagian dari perencanaan yang kurang matang. Oleh sebab itu, meski tampak mudah usaha warung, namun perlu analisa dan perencanaan yang benar-benar matang.

Aturan – 2

Setelah Anda membuat perencanaan yang matang, maka Anda perlu membuat aturan-aturan yang memadai atau yang dikenal dengan istilah SOP (Standar Operasional Prosedur). Tanpa ini, Anda saya jamn akan kalang kabut. Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri dan juga pengalaman-pengalaman sahabat-sahabat dekat saya juga demikian. Apalagi bergerak di bidang kuliner. Menjaga cita rasa itu bukan suatu hal yang mudah. Sehingga harus benar-benar tepat takaran dalam resep.

Coba – 3

Setelah Anda membuat perencanaan dan menciptakan aturan-aturan, maka kini saatnya Anda uji coba atas apa yang pernah Anda buat. Jangan sampai tidak melakukan uji coba. Kecuali Anda adalah seorang yang benar-benar profesioanl di bidangnya. Dengan adanya uji coba, maka Anda akan mendapatkan strategi dan takaran yang pas untuk bisnis Anda.

Usaha – 4

U untuk kata usaha. Kini saatnya Anda melakukan usaha dengan tekun dan pantang menyerah. Jangan takut gagal karena Anda telah mempersiapkannya dengan matang. Mulai dari perencanaan, membuat aturan SOP, dan uji coba. Yakinlah dengan diri Anda sendiri bahwa Anda mampu melakukan hal ini dan kuat hadapi segala rintangannya.

Nikmati – 5

Kini saatnya Anda menikmati proses dan hasilnya. Semua usaha pasti ada proses. Dan setelah berproses pasti ada hasil yang bisa dinikmati. Anda rugi, Anda masih bisa menikmati proses yang menjadi dasar pengalaman Anda untuk maju lebih baik lagi.

5 Rahasia Racun Management Penyebab Kegagalan Warung

5 pilar rahasia management teracuni yang berdampak fatal pada kerugian usaha adalah banyak ragamnya. Oleh sebab itu, saya hanya akan menyampaikan 5 pilar penyebab kegagalan usaha pada umumnya. Racun management maksudnya adalah management yang terkena dampak dari luar yang sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Apa sajakah itu? Simak berikut.

Tergoda – 1

Salah satu penyebab management Anda hancur adalah adanya racun hati yang bernama godaan. Anda tergoda dengan godaan dari luar. Anda dalam menjalankan bisnis belum sampai menghasilkan apa yang menjadi target dan tujuan utama Anda. Namun, Anda tergoda untuk membeli kebutuhan di luar kepentingan usaha Anda. Ini sering terjadi pada pebisnis pemula. Karena merasa punya usaha, merasa usahanya maju, merasa mampu dan banyak godaan melintasi hati dan pikirannya sehingga pengeluaran tidak terkontrol. Akhirnya, kehabisan modal usaha di tengah-tengah perjalanan bisnis Anda. Ini fakta utama yang sering terjadi.

Ikut-Ikutan – 2

Jika Anda bisnis dengan modal ikut-ikutan, itu sah-sah saja. Hanya saja, jika Anda memulai bisnis dengan model semacam ini tanpa perhitungan awal, maka Anda akan menuai kepedihan di akhir usaha Anda. Bisnis memang mudah, namun tidak bisa dianggap semudah membalik telapak tangan. Anda perlu inovasi, Anda perlu survey, dan Anda perlu percobaan yang matang.

SOP – 3

SOP (Standar Operasional Prosedur). Banyak usaha kalangan menengah ke bawah yang tidak memiliki SOP. Padahal SOP sangat penting dalam menjalankan aktivitas perusahaan. Tanpa SOP, usaha tetap bisa jalan. Akan tetapi, biasanya tidak akan bertahan lama karena tidak ada aturan-aturan yang mendukung kesuksesan usaha Anda. Maka buatlah SOP sedini mungkin.

Keuangan – 4

Rata-rata yang menjadi permasalahan dalam usaha kecil menengah adalah soal keuangan. Tidak hanya kekurangan modal bahkan tidak punya modal. Akan tetapi, management keuangannya yang tidak terlaksana dengan baik. Oleh itu, perlu Anda membuat laporan keuangan atau pembukuan agar dapat mengetahui perkembangan dan kesehatan bisnis Anda. Dengan adanya laporan keuangan, diharapkan dapat mengontrol arus keluar masuk keuangan bisnis warung Anda.

Mental – 5

Setelah Anda di dera dengan 4 masalah di atas, pada umumnya akan berpengaruh pada mental. Mental Anda akan down seiring dengan perkembangan bisnis Anda yang bermasalah. Oleh sebab itu, bangunlah relasi yang kuat agar Anda dapat menyelesaikan masalah demi masalah dengan baik.

Itulah beberapa hal yang dapat di sampaikan terkai dengan bisnis dan management. Materi  [RACUN WARUNG] 5 RAHASIA WARUNG TERNAMA SUKSES MANAGEMENT RACUN semoga dapat menjadi pencerahanbagi kita semua. Silahkan Anda amalkan hal-hal ini jika menurut Anda bermanfaat. Dan bagikanlah ilmu ini agar sama-sama mendapat keberkahannya. Terima kasih.

Author: Mr. AsosiaGO

4 thoughts on “√ [RACUN WARUNG] 5 RAHASIA WARUNG TERNAMA SUKSES MANAGEMENT RACUN

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.